Langsung ke konten utama

Tentang Riba

Assalamu alaikum

Jaman modern seperti sekarang ini, pasti mata dan telinga kita semua sudah tidak asing lagi alias sering membaca dan mendengar kata "Riba". Dan kalau ditanya "Riba itu apa sih?" dijamin banyak diantara kita yang mendefinisikan riba itu bunga bank, sesuatu yang nggak boleh dalam islam, yang biasa ada di bank konvensional. lawannya riba itu syariah, hehehe..

sebenarnya nggak salah juga si pemahaman seperti di atas. Nggak salah? berarti ada jawaban yang lebih bener dong? Penasaran? Yuk cari tau..

Apa itu riba dari segi bahasa?

RIBA SECARA BAHASA : زيادة   TAMBAHAN, نمو TUMBUH, MEMBESAR. Secara epistimiologi (bahasa) mempunyai arti az-ziyadah atau tambahan. Dalam pengertian lain, secara linguistic, riba juga berarti tumbuh atau membesar. sedangkan menurut istilah teknis riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.

Badruddin Al-Ayni dalam kitabnya Umdatul Qori syarh Shahih al-Bukhori mendifinisikan riba:

الأصل فيه ( الربا) الزيادة , وهو فى الشرع الزيادة على أصل مال من غير عقد تبايع

“Prinsip utama dalam riba adalah penambahan. Menurut syariat, riba berarti penambahan atas harta pokok tanpa adanya transaksi bisnis riil”

Mengenai hal ini, Allah SWT mengingatkan dalam firmannya di surat an-nisa’ yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil…(an-nisa : 29)
Selanjutnya Pengertian riba dalam ayat al Quran yaitu setiap tambahan yang diambil tanpa adanya satu transaksi pengganti atau penyeimbang yang dibenarkan syariah. Yang dimaksud transaksi pengganti atau penyeimbang disini adalah transaksi bisnis atau komersial yang melegitimasi adanya penambahan tersebut secara adil. Seperti transaksi jual beli, gadai, sewa, atau bagi hasil proyek.
Lha kok bisa?
1. Dalam transaksi sewa, si penyewa membayar upah sewa karena adanya manfaat sewa yang di nikmati, termasuk menurunya nilai ekonomis suatu barang karena penggunaan si penyewa.
2. Dalam jual beli, si pembeli membayar harga atas imbalan barang yang di terimanya. Demikian juga dalam proyek bagi hasil, para peserta perkongsian berhak mendapat keuntungan karena di samping menyertakan modal turut serta menanggung kemungkinaan resiko kerugian yang bisa saja muncul setiap saat.
3. Dalam transaksi simpan-pinjam dana, secra konvensional, si pemberi pinjaman mengambil tambahan dalam bentuk bunga tanpa adanya suatu penyeimbang yang diterima si peminjam tersebut. Yang tidak adil di sini adalah si peminjam di wajibkan untuk selalu, tidak boleh tidak, harus, mutlak, dan pasti untung dalam setiap penggunaan kesempatan tersebut.


Ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui dalam Riba yaa. Riba ini pokoknya Sangat menyeramkan, dari segi dosa-nya, namun selama ini dikesampingkan.

Banyak kajian dan informasi mengenai agama hanya mengenai zina, pembunuhan, dan hal lainnya. Tetapi sangat sedikit mengenai riba.


Mungkin sebelum menjelaskan tanpa riba atau definisi riba itu sendiri, ada poin-poin yang bisa dipelajari mengenai bahaya riba.. mohon maaf jika terasa menggurui, tetapi hal ini bisa dikroscek sendiri melalui google yang paling dekat, atau bisa dilihat langsung..



📛 Diperangi Allah dan RasulNya

“Hai orang-orang beriman, bertakwalah pada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak melaksanakan (apa yang diperintahkan ini) maka ketahuilah, bahwa akan terjadi perang dahsyat dari Allah dan RosulNya dan jika kamu.  bertaubat maka bagi kamu pokok harta kamu, kamu tidak akan dianiaya dan tidak (pula) dianaiaya.” (QS. 2 : 278-279)


📛 Dosanya Seperti Menzinahi Ibu Kandung

“riba itu terdapat 73 pintu (dosa). Dosa paling ringan sederajat dengan orang yang menzinahi ibu kandungnya sendiri. Sedangkan Riba, yang paling besar apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR Al Hakim dan Al Baihaqi)

Larangan riba di dalam Al-Quran:

Tahapan Pertama, ayat yang menolak anggapan bahwa pinjaman riba itu sebagai amal yang mendekatkan diri kepada Alloh SWT (Q.S. Ar Ruum : 39)

QS. AR-RUUM: 39

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَا فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُوا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُضْعِفُونَ

“DAN, SESUATU RIBA (TAMBAHAN) YANG KAMU BERIKAN AGAR DIA MENAMBAH PADA HARTA MANUSIA, MAKA RIBA ITU TIDAK MENAMBAH PADA SISI ALLAH. DAN APA YANG KAMU BERIKAN BERUPA ZAKAT YANG KAMU MAKSUDKAN UNTUK MENCAPAI KERIDOAN ALLAH, MAKA (YANG BERBUAT DEMIKIAN) ITULAH ORANG-ORANG YANG MELIPATGANDAKAN (PAHALANYA)”

Tahapan Kedua, ayat yang menjelaskan bahwa riba digambarkan sebagai sesuatu yang buruk dan ia adalah kesukaan orang yahudi (Q.S. An Nisaa : 160-161)

 QS. AN-NISAA: 160-161

فَبِظُلْمٍ مِنْ الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ طَيِّبَاتٍ أُحِلَّتْ لَهُمْ وَبِصَدِّهِمْ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ كَثِيرًا وَأَخْذِهِمْ الرِّبَا وَقَدْ نُهُوا عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ مِنْهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

“MAKA DISEBABKAN KEZALIMAN ORANG-ORANG YAHUDI, KAMI HARAMKAN ATAS MEREKA (MEMAKAN MAKANAN) YANG BAIK-BAIK (YANG DAHULUNYA) DIHALALKAN BAGI MEREKA, DAN KARENA MEREKA BANYAK MENGHALANGI (MANUSIA) DARI JALAN ALLAH, DAN DISEBABKAN MEREKA MEMAKAN RIBA, PADAHAL SESUNGGUHNYA MEREKA TELAH DILARANG DARINYA, DAN KARENA MEREKA MEMAKAN HARTA ORANG DENGAN JALAN BATIL. KAMI TELAH MENYEDIAKAN UNTUK ORANG-ORANG YANG KAFIR DI ANTARA MEREKA ITU SIKSA YANG PEDIH”


Tahapan Ketiga, ayat yang mengharamkan riba apabila di dalam riba itu ada tambahan berlipat ganda (Q.S. Ali Imran : 130)

QS. ALI IMRAN: 130
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, JANGANLAH KAMU MEMAKAN RIBA DENGAN BERLIPAT GANDA DAN BERTAQWALAH KAU  KEPADA ALLAH SUPAYA KAMU MENDAPAT KEBERUNTUNGAN”
Tahapan Terakhir, ayat yang memutuskan bahwa Alloh SWT mengharamkan segala jenis riba (Q.S. Al Baqarah : 278-279)



يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنْ الرِّبَا إِنْ كُنتُمْ مُؤْمِنِينَ. فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنْ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَ

“HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, BERTAKWALAH KEPADA ALLAH DAN TINGGALKAN SISA RIBA (YANG BELUM DIPUNGUT) JIKA KAMU ORANG-ORANG YANG BERIMAN. MAKA JIKA KAMU TIDAK MENGERJAKAN (MENINGGALKAN SISA RIBA) MAKA KETAHUILAH BAHWA ALLAH DAN RASULNYA AKAN MEMERANGIMU. DAN JIKA KAMU BERTOBAT (DARI PENGAMBILAN RIBA) MAKA BAGIMU POKOK HARTAMU; KAMU TIDAK MENGANIAYA DAN TIDAK PULA DIANIAYA”

Riba menurut jumhur ulama sepanjang sejarah islam dari berbagai mazhahib fiqhiyah:
1. Badr ad-din al-ayni, pengarang umdatul Qari syarah shahih Al Bukhari: “ prinsip utama dalam riba adalah penambahan. Menurut syariah riba berarti penambahan atas harta pokok tanpa adanya transaksi bisnis riel.

2. Imam Sarakhi dari Mazhab Hanafi : Riba adalah tambahan yang disyaratkan dalam transaksi bisnis tanpa adanya iwadh (atau padanan yang di benarkan oleh syariah atas penambahan tersebut.

3. Raghib al-asfahani :Riba adalah penambahan atas harta pokok

4. Imam An-Nawawi dari Mazhab Syafii : Salah satu bentuk riba yang dilarang oleh al Quran dan as sunnah adalah penambahan atas harta pokok karena unsure waktu. Dalam dunia perbankan hal tersebut dikenal denganbunga kridit sesuai lama pinjaman.

5. Qatadah : Riba jahiliyyah adalah seseorang yang menjual barangnya secara tempo hingga waktu tertentu. Apabilah telah datang waktu pembayaran dan si pembeli tidak mampu membayar, maka ia memberikan bayaran tambahan atas penangguhan.

6. Zaid bin Aslam : Yang di maksud dengan riba jahiliyyah yang berimplikasi pelipat-gandaan sejalan dengan waktu adalah seseorang yang memiliki piutang atas mitranya. Pada saat jatuh tempo ia berkata “ bayar sekarang atau tambah.

7. Mujahid : Mereka menjual daganganya dengan tempo. Apabila telah jatuh tempo dan (tidak
mHasanah City:
ampu bayar) si pembeli memberikan tambahan atas tambahan waktu.

8. Ja’far Ash-Shadiq dari Kalangan Syiah : Berkata ketika ditanya mengapa Allah SWT mengharamkan riba-“ supaya orang tidak berhenti berbuat kebajikan. Karena ketika diperkenalkan untuk mengambil bunga atas pinjaman, maka seseorangf tidak berbuat ma’ruf lagi atas transaksi pinjam-meminjam dan sejenisnya. Padahal qard bertujuan untuk menjalin hubungan yang erat kebajikan antar manusia.

9. Imam Ahmad bin hambal : sesungguhnya riba itu adalah seseorang memiliki hutang maka dikatakan kepadanya apakah akan melunasi atau membayar lebih. Jikalau tidak mampu melunasi, ia harus menambah dana (dalam bentuk bunga pinjam) atas penambahan waktu yang diberikan

10. Asy-syaikh Abdulrahman Taj : Riba adalah setiap tambahan yang berlangsung pada salah satu pihak (dalam) aqad mu’wwadhah tanpa mendapatkan imbalan.; atau tambahan itu diperoleh karena penangguhan
Jenis Riba

Secara garis besar, riba dikelompokkan menjadi dua, yaitu riba hutang-piutang dan riba jual beli. Riba hutang piutang ada dua macam : riba qardh, dan riba jahiliyyah. Begitu juga riba jual beli dibagi menjadi dua macam : riba fadl, dan riba nasiah.

Riba Qardh
Suatu manfaat atau tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan terhadap yang berhutang (muqtaridh).

Riba Jahiliyyah
Hutang dibayar lebih dari pokoknya, karena si peminjam tidak mampu membayar hutangnya pada waktu yang ditetapkan (Penambahan harta sebagai denda dari penambahan tempo,atau bayar hutangnya nambah sesuai dengan mundur-nya tempo).
Misal: Si A hutang Rp 1 juta kepada si B  dengan tempo 1 bulan. Saat jatuh tempo si B berkata: “Bayar hutangmu.” Si A menjawab: “Aku tidak punya uang. Beri saya tempo 1 bulan lagi dan hutang saya menjadi Rp 1.100.000.” Demikian seterusnya.
Sistem ini disebut dengan riba mudha’afah (melipatgandakan uang).
Allah berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda.” (Ali ‘Imran: 130)
Riba Fadhl
Pertukaran antarbarang sejenis dengan kadar atau takaran yang berbeda, sedangkan barang yang dipertukarkan itu termasuk dalam jenis barang ribawi.

Riba Nasi’ah
Penangguhan penyerahan atau penerimaan jenis barang ribawi yang dipertukarkan dengan jenis barang ribawi lainnya. Riba dalam nasi’ah muncul karena adanya perbedaan, perubahan, atau tambahan antara yang diserahkan saat ini dengan yang diserahkan kemudian.


wallahu'alam bishowa




Sudah siap dilaknat Rosulullah?? Padahal kita mengharapkan syafaatnya di hari Kiamat.

👿 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknati pemakan riba (rentenir), orang yang memberikan / membayar riba (nasabah), penulisnya (sekretarisnya), dan juga dua orang saksinya. Dan beliau juga bersabda, ‘Mereka itu sama dalam hal dosanya’.” (HR. Muslim).
👿 Riba termasuk dosa BESAR lho..
💔 “Jauhilah tujuh dosa besar yang akan menjerumuskan pelakunya dalam neraka.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa tersebut?”
💔 Beliau mengatakan,
👿 Menyekutukan Allah,
👿 Sihir,
👿 Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan,
👿 Memakan harta anak yatim,
👿 Memakan riba,
👿 Melarikan diri dari medan peperangan,
👿 Menuduh wanita yang menjaga kehormatannya (bahwa ia dituduh berzina (HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89)

Tapi TENANG sahabat, kini telah ditemukan SOLUSI dari semua permasalahan diatas

HASANAH LAND mempersembahkan AMIRAH CITY   🏡 🏡

In sya Allah, inilah solusi memiliki rumah yang penuh berkah, rumah 100% syariah,

100% MURNI SYARIAH
💜 TANPA RIBA
💜 TANPA SITA
💜 TANPA AKAD BATIL
💜 TANPA BI CHECKING
💜 TANPA DENDA
💜 TANPA BANK
💜 MAU atau MAU BANGET??

KPR Tanpa DP, cicilan  Ringan TAPI PAKAI RIBA yakin masih mau

Saya mah nggak ah, karena RIBA membawa BINASA

Beneran Lho ... Saya paparkan yaaa

1) RIBA termasuk ke dalam salah satu diantara DOSA Besar

2) Satu dirham transaksi Riba  lebih besar dosanya daripada berzina 36 kali_*

3) Dosa RIBA setara dengan dosa berzina dengan ibu kandung sendiri

4) Dosa Riba sama dengan menantang perang kepada Allah dan Rosul

5) RIBA mengundang Murka Allah

MENGERIKAN BUKAN?

Dear Sahabat Fillah .....

Sahabat pasti setuju kan kalau SUMBER Berkah itu dari Allah 

Bayangkan deh ....

Mungkin nggak kira-kira keluarga menjadi Sakinah sementara rumah dibeli dengan cara RIBA?

Mungkin nggak anak-anak menjadi Soleh dan Solehah sedangkan tinggal di rumah yang didapat dari transaksi RIBA?

Mungkin nggak usaha dan kehidupan Penuh Berkah sementara Allah Murka?

Yuk hijrah untuk tinggalkan RIBA

Banyak kok saat ini Perumahan dengan Konsep Syariah



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arrayan Regency Bojong Gede

ARRAYAN REGENCY BOJONG GEDE, 10 MENIT KE ST. KA BOJONG GEDE Bonus gathering bulan november 2017 🏡🏡🏡🏡🏡🏡🏡 AR RAYYAN REGENCY BOJONGGEDE Hanya 10 menit ke Stasiun Bojong gede Perumahan Syariah dengan konsep "Masjid sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan." In Syaa Allah 100 Syariah Syariah Lingkungannya dan Syariah Transaksinya In Syaa Allah menjadi langkah awal menuju kehidupan yang penuh Berkah dan Berlimpah FASILITAS 📙 Mesjid  📙 Rumah Tahfidz 📙 Taman Bermain 📙 Lapangan Futsal 📙 Lapangan Basket 📙 Kios Komersil 📙 CCTV 📙 One Gate System 📙 Row jalan besar KEUNGGULAN LOKASI 📙 8 Menit ke stasiun Bojong Gede (2KM) 📙 Berada di jalur angkot 117 📙 Pintu masuk tepat di samping Indomart 📙 Dekat dengan SD IT 📙 Dekat dengan SMP 1 Bojong Gede 📙 Dekat dengan SMA 1 Bojong Gede 📙 Dekat dengan SMK Bojong Gede 📙 Dekat dengan wisata danau situ kemuning 📙 Dekat d

Kampung Buah Cikalong

KAMPUNG BUAH CIKALONG Kampung Buah Cikalong Villa & Resort adalah Kavling siap bangun merupakan sebuah kawasan dengan konsep Agrowisata petik buah klengkeng dan Durian terbesar di Idonesia dengan rencana area seluas 1000 hektar. Kampung Buah Cikalong Villa & Resort adalah sebuah kawasan agrowisata yang menawarkan aktrasi alam yang menakjubkan sebagai karunia Allah yang Maha Besar dengan kontur tanah perbukitan,View Gunung, Hamparan sawah, sungai, waduk cirata, rimbunan hutan pinus berada diketinggian 700 Mdpl menjadikan kawasan Kampung Buah Cikalong sangat sejuk, nyaman dan asri. Sangat cocok bagi Anda yang mempunyai impian membangun sebuah villa yang dilengkapi dengan kebun buah. Kampung Buah Cikalong Villa & Resort dilengkapi dengan bermacam fasilitas unggulan & tempat wisata diantaranya : 1.Fasilitas Umum & Fasilitas Sosial : -Lebar jalan lingkungan ROW 10m & jalan utama 24m (cor beton)  -Masjid Agung & Gedung Serbaguna yg teri

Amani Village Yogya

AMANI VILLAGE – SEDAYU BANTUL AMANI VILLAGE – SEDAYU BANTUL Hunian Islami Penuh Berkah AMANI VILLAGE yang berarti Kampung atau area yang Aman Tentram adalah area hunian berkonsep islami dengan lokasi strategis dan mengedepankan kenyamanan bagi penghuninya. Akses sekitar Amani Village - Bantul : 🔳 10 menit ke Universitas Mercu Buana 🔳 10 menit ke RSU PKU Muhammadiyah Bantul 🔳 12 menit ke Citra Grand Mutiara Waterpark 🔳 17 menit ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 🔳 20 menit ke New Yogyakarta International Airport 🔳 25 menit ke Stasiun Tugu & Malioboro Memilih Amani Village – Sedayu Bantul sebagai hunian masa depan Anda dan Keluarga ataupun tabungan properti adalah keputusan yang sangat tepat. Kontak WA Sekarang (Nama, Email, No. WA) FASILITAS AMANI VILLAGE – BANTUL.  InsyaAllah akan tersedia : 1. Masjid & Rumah Tahfidz 2. One gate security system 3. Play Ground 4. Taman 5. Selokan Tertutup ( Lebih Sehat, Bersih & Aman untuk Ana

Amirah City Serang

PERUMAHAN SYARIAH TERBESAR DI KOTA SERANG    😍 MUSLIM PREMIUM REAL ESTATE ▬▬▬▬▬▬▬ AMIRAH CITY ▬▬▬▬▬▬▬ Opening Mega Project AMIRAH CITY Dilengkapi OLAHRAGA SUNAH dengan konsep rumah ala Timur Tengah bercampur konsep Masjid Agung Banten yang membuat lebih ellegant. Perumahan Amirah adalah member Hasanah Land Group (dengan project perumahan Se-Indonesia). Hunian Islami Amirah hadir dengan masjid terletak di pusat perumahan, sebagai pusat tarbiyah dan Tsaqofah Islamiyah. Amirah juga hadir dengan fasilitas olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah Saw 👏Pernah merasa.,,,....👏 💔Rumah itu MAHAL 💔Punya rumah itu SULIT 💔RIBET ngurus ini itu di Bank 💔AKAD nya batil 💔Kalau gak bisa bayar, Rumah DISITA,terus DILELANG Trus gak dapet apa-apa alias ZONK!!! Sekalinya terjangkau,eh mengandung RIBA Mau ambil RIBA? Sudah siap diperangi Allah dan RosulNya? “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika